Manajer Bookmark Program: vs. Layanan Web

pesatnya pengembangan World Wide Web dalam tahun-tahun belakangan ini telah menyebabkan pertumbuhan yang bisa meledak informasi pada Internet. Gaya hidup kontemporer kami akan dibayangkan tanpa akses ke sebuah super-cornucopia berlimpah informasi yang berharga dan penjelajahan web kini telah menjadi pendudukan sehari-hari untuk bahkan bagian yang paling beragam masyarakat.

Ekspansi ini dari sumber daya web menimbulkan beberapa masalah baru bagi kita semua. Bagaimana Anda mungkin ingat; setelah pencarian yang panjang, alamat halaman web penting? Bagaimana Anda dapat kembali ke halaman tanpa mengulangi pencarian web yang membosankan melalui ratusan dan ribuan halaman?
Jawabannya adalah jelas, anda memerlukan sebuah program yang akan memungkinkan anda dengan mudah membuat dan mengelola sebuah database sumber daya web. Tentu saja, database ini harus cepat, intuitif dan praktis digunakan.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah untuk menggunakan browser web Anda, fitur bookmark. Bookmark adalah istilah populer untuk daftar halaman web disimpan dalam browser web link, walaupun mereka dipanggil ‘Favorites’ di Internet Explorer. Sistem bookmark browser web ini memiliki beberapa batasan-batasan yang berat. Misalnya, setiap daftar bookmark hanya akan kompatibel dengan browser web tertentu. Jika Anda menggunakan beberapa browser web berbeda anda akan memiliki untuk mengelola sistem bookmark dalam setiap satu. Daftar bookmark browser Web mungkin menjadi merepotkan untuk digunakan saat daftar bookmark Anda tumbuh di luar beberapa item. Fitur-fitur penting yang hilang dari sistem bookmark browser web termasuk:
– fungsi pencarian yang kuat;
– Sinkronisasi bookmark antara komputer yang berbeda;
– Deteksi Dini dan penghapusan otomatis duplikat dari bookmark;
– mengecek ketersediaan ditandai halaman web.

Program spesialis dan layanan web yang menyimpan dan mengorganisasi bookmark kini tersedia dan mereka menawarkan sebuah solusi menyeluruh untuk masalah-masalah ini. Mereka dipanggil manajer bookmark atau agenda bookmark (dalam artikel ini kedua-dua istilah mempunyai arti yang sama). Perbedaan antara online (berbasis web) manajer bookmark dan standalone manajer bookmark adalah di lokasi tersimpan dan dalam database bookmark jalan yang database adalah diakses. Layanan Web yang disebut ‘online manajer bookmark’ menyimpan bookmark pengguna pada server jarak mereka dan bookmark mereka dapat diakses dari browser apa pun. Bookmark independen adalah sekadar suatu program agenda yang dijalankan pada komputer lokal anda. Ia menyimpan database bookmark pada hard disk dan memungkinkan akses melalui antarmuka bawaan sendiri.

Berikut ini adalah beberapa contoh-contoh manajer bookmark berbasis web:

iKeepBookmarks.com – http://www.ikeepbookmarks.com

LinkaGoGo – http://www.linkagogo.com

http://murl.com Murl –

Anda dapat menemukan lebih link ke manajer bookmark online di sini:
http://dmoz.org/Computers/Internet/On_the_Web/Web_Applications/Bookmark_Managers/

perangkat lunak manajemen Bookmark dapat ditemukan di sini:

Komandan Link – http://www.resortlabs.com/bookmark-manager/linkcommander.php

Linkman – http://www.outertech.com/index.php?_charisma_page=product&id=5

Powermarks – http://www.kaylon.com/power.html

katalog perangkat lunak apa pun akan berisi banyak link ke manajer bookmark. Misalnya: http://www.snapfiles.com/shareware/misctools/swurlorg.html

offline dan online manajer bookmark masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan relatif karena cara-cara yang berbeda dan akses penyimpanan database.

Bookmark online manager tidak tergantung pada komputer tertentu. Jika anda memiliki koneksi Internet Anda dapat mengakses bookmark Anda dari komputer mana pun di dunia. Anda tidak perlu menyinkronkan bookmark pada PC kerja/rumah anda atau karena notebook mereka semua akan mengakses database bookmark yang sama. Dengan sebuah bookmark online manager Anda dapat mengakses bookmark anda bahkan ketika anda di sebuah kafe Internet! Keuntungan lain adalah bahwa kebanyakan dari mereka bebas. Mereka akan waktu anda, walaupun biaya, karena anda mengakses bookmark Anda melalui koneksi Internet. Lebih penting lagi, sebagian besar dari antarmuka web tidak sebagai letaknya mudah dicapai dari sebagai manajer bookmark berbasis perangkat lunak dan tidak memiliki banyak fitur yang bermanfaat. Misalnya, mereka tidak dapat mencari dan menghapus item database duplikat. Berikut ini adalah beberapa dari potensi lainnya kekurangan menggunakan manajer bookmark online:

1) Anda beresiko kehilangan semua bookmark anda jika, untuk karena beberapa alasan, layanan web ditutup turun.

2) Ada bahaya akses tanpa izin ke bookmark pribadi anda karena bookmark anda manager server mungkin tidak aman terhadap hacker.

Kelebihan dan kekurangan manajer bookmark offline hampir tepat yang bertentangan cara online manajer bookmark dan akan kita diskusikan nanti.

Semua bookmark offline manager terikat ke komputer yang telah diinstal. Ia menyimpan bookmark anda dalam sebuah database (yang biasanya memiliki format tertutup) yang terletak di salah satu hard drive. Untuk menggunakan bookmark anda pada beberapa komputer anda perlu menginstal program pada setiap komputer dan menemukan cara untuk menyinkronkan database bookmark. Sebagian besar saat ini tersedia agenda bookmark mempunyai fitur sinkronisasi database. Juga, ada perangkat sekarang dengan kecepatan transfer data tinggi (misalnya drive flash) yang dapat menyimpan sebuah database bookmark independen dan memungkinkan untuk dapat dipakai bersama antara beberapa komputer.

Satu lagi kekurangan pada perangkat lunak manager bookmark adalah harga. Ada beberapa program gratis di luar sana, tetapi mereka tidak memiliki sejumlah besar fitur dan dukungan teknis yang sering lemah atau tidak tersedia. Program-program yang memerlukan pembayaran yang murah, walaupun, biasanya seharga $20 untuk $40. Lisensi Pengguna dari program-program tersebut biasanya akan memungkinkan anda untuk menginstal program pada semua komputer anda.

Dalam pendapat saya, kekurangan standalone manajer bookmark dibandingkan dengan minimal keuntungan mereka. Lokasi kedua program dan database pada komputer yang sama menjamin akses cepat ke bookmark anda dan keamanan tinggi dari serangan hacker. Kepraktisan pada program interface dan jumlah fitur yang bermanfaat dibatasi hanya oleh kuasa komputer dan keahlian para pengembang.

Jadi, bagaimana seharusnya anda mengatur bookmark Anda? Anda harus menggunakan sebuah online atau bookmark offline manager? Saya tidak berpikir, tidak ada jawaban yang pasti. Ini semua tergantung pada preferensi anda dan kebiasaan kerja. Jika mobilitas merupakan prioritas anda, jika Anda bepergian sering dan ingin mengakses bookmark anda tidak kira dimana anda dan dari komputer mana pun, maka anda harus mempertimbangkan sebuah bookmark online manager. Jika kecepatan, kemudahan penggunaan, keamanan dan fungsionalitas yang paling penting untuk anda kemudian sebuah bookmark offline manager mungkin pilihan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *